Home > Movies > Limitless

Limitless

Sutradara: Neil Burger

Pemain: Bradley Cooper, Robert De Niro, Abby Cornish

Sebagai penulis, hidup Eddie Morra (Cooper) nyaris frustrasi. Selain tidak ada prestasi yang dibanggakan, ia mengalami writer’s block sementara ada kontrak yang harus diselesaikan. Tak sengaja, Eddie bertemu mantan adik iparnya, Vernon. Vernon memberi pil yang katanya mampu mengakses kemampuan otak manusia hingga 100 persen dan membuat pemakainya menjadi cerdas. Pil bernama NZT tersebut terbukti ampuh, pikiran Eddie menjadi cerah dan terang. Inspirasi dan memori tergali secara maksimal. Hasilnya, naskah bukunya selesai dalam waktu singkat dan disukai editornya. Ketika khasiat NTZ hilang, Eddie yang bermaksud meminta lagi pada Vernon, malah menemukan mantan iparnya ini tewas dibunuh. Meski berhasil mengambil pil milik Vernon, Eddie dibuntuti lelaki tak dikenal.

Sepak terjang Eddie makin cemerlang. Sukses menjadi penulis, Eddie merambah lantai bursa untuk meraup uang. Aksi cemerlang Eddie di lantai bursa diminati Carl Van Loon (De Niro), seorang kaya dan berkuasa. Eddie pun bekerja untuk Van Loon dalam merger-merger perusahaan besar. Sukses Eddie tersendat dengan kasus pembunuhan sosialita, pemerasan lintah darat, dan mulai menipisnya persediaan NTZ. Eddie yang telah kecanduan NTZ pun mulai menghalalkan segala cara untuk membereskan masalahnya satu per satu.

Limitless memiliki tema yang menarik, yaitu tentang kemampuan-kemampuan tersembunyi otak manusia. Bisakah memori sekilas muncul saat diperlukan? Bisakah kita berpikir tanpa halangan hingga menjadi orang yang cerdas dan rajin? Berawal dari pertanyaan inilah cerita menjadi misteri dan kemudian thriller yang menegangkan. Selain ceritanya yang orisinil, polesan visual di beberapa adegan membuat film ini tidak terasa berat. Contohnya adegan ketika Eddie yang lancar menulis, huruf-huruf berjatuhan dari langit-langit kamarnya.

Dalam satu review tentang Limitless, film ini adalah metafora the America dreams dan kapitalisme. Pada akhir cerita ketika Eddie Morra berhasil menjadi senator dan kaya raya adalah impian orang Amerika akan kekuasaan dan kekayaan. Pesan moral Limitless bukanlah tentang narkoba, yaitu pil NTZ, dan dampak kecanduannya tapi tentang tidak ada kejayaan yang dapat diraih secara instan. Orang-orang yang meroket cepat dan mendadak kaya pasti menyimpan rahasia kelam.

Advertisements
Categories: Movies
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: