Archive

Archive for November, 2009

The Witch of Portobello

November 30, 2009 Leave a comment

The Witch of Portobello merupakan buku Paulo Coelho pertama yang gw baca. Berkisah tentang Athena alias Sherine Khalil seorang “penyihir” yang diceritakan melalui sudut pandang orang-orang yang mengenalnya. Naskah tentang Athena ini dibuat oleh kekasihnya yang misterius, seorang polisi Scotland Yard, yang eksistensinya selalu diragukan Ryan Herron, jurnalis yang mencintai Athena.

Athena, begitu Sherine menamai dirinya, seorang wanita muda yang berupaya mencari kebahagiaan dan makna hidup. Aslinya, Athena adalah keturunan Gipsi yang dibuang ibunya dan diadopsi oleh keluarga Khalil yang berasal dari Lebanon. Perempuan yang tidak biasa ini menikah muda dan mempunya anak, bercerai, mengunjungi berbagai tempat, serta menemui banyak orang. Perjalanan dan proses itulah yang akhirnya membuat Athena memiliki kemampuan untuk memanggil Hagia Sophia, Sang Ibu Agung, melalui ritual tarian. Kemampuan ajaib ini membuat Athena dipuja sekaligus dicaci sebagai seorang dewi sekaligus penyihir.

The Witch of Portobello memikat sekaligus berat sehingga butuh sebulan untuk gw menyelesaikan baca buku ini. Berat karena mengusung tema filsafat terutama tentang sisi feminin Ilahi, yang pastinya juga menyentuh paganisme, dan pencerahan spiritual. Memikat karena mencerahkan pada beberapa bagian.

Advertisements
Categories: Books

The Twilight Saga: New Moon

November 29, 2009 2 comments

Sama persis dengan bukunya, New Moon dibuka dengan kegelisahan Bella yang merasa tua dengan berulangtahun yang ke delapan belas. Perayaan ulangtahun Bella di rumah keluarga Cullen berbuah kekacauan hanya karena jari Bella teriris kertas dan membuat Jasper menjadi buas. Keluarga Cullen memutuskan meninggalkan Forks dan membuat Bella merana ditinggal Edward. Saat itulah Bella mengembangkan hubungannya dengan Jacob Black yang memang menyukainya.

Meski bahagia dengan persabahatan istimewanya dengan Jacob, Bella masih teringat Edward yang membuatnya terjun dari tebing. Alice yang khawatir melihat Bella melompat pun datang menemui Bella. Kesalahpahaman bahwa Bella bunuh diri membuat Edward ke Itali menemui keluarga Volturi untuk minta dibunuh. Bersama Alice, Bella ke Itali untuk menyelamatkan Edward tanpa peduli larangan Jacob. Edward pun berhasil diselamatkan dan mereka bebas dari keluarga Volturi setelah Alice memperlihatkan visinya pada Aro bahwa Bella akan berubah menjadi vampir. Kembali ke Forks, Bella meminta pendapat keluarga Cullen tentang keputusannya untuk berubah menjadi vampir. Ending-nya pun meggantung banget, kayak ending film seri: Edward meminta Bella menikahinya dan… film pun selesai. Grrrhh bener-bener niat banget dibuat sekuelnya. Tentu niat, karena syuting Eclipse sudah dimulai dan siap tayang Juni 2010!

Lumayan kecewa sama New Moon yang kehilangan daya tariknyaa. Apalagi gembar gembor dan kehebohan menjelang film ini dirilis. Adegan-adegan New Moon seperti ga ada penghubung yang kuat dari satu adegan ke adegan berikutnya. Berkesan hanya visualisasi dari bukunya, ga lebih. Memang, buku dan film berbeda, tapi bukan berarti visualisasinya ga bisa bagus atau lebih punya jiwa. Lagi-lagi, karena arahan sutradaranya mungkin, akting Robert Pattinson dan Kristen Stewart terasa datar. Meski begitu, New Moon tetap wajib ditonton untuk para penggemar Twilight Saga sebagai pelengkap. Untuk yang bukan penggemar Twilght sudah pasti akan mencaci maki film ini hehehe.

Well can’t hardly wait for Eclipse, semoga Eclipse dan Breaking Dawn penggarapannya lebih bagus. Jadi ga sekedar menonton visualisasi Twilight versi sutradaranya tapi juga suatu film yang punya jiwa tersendiri dan tetap punya “magic”.

Categories: Movies

Six important people in my life

November 18, 2009 Leave a comment

Yesterday, for homework, I have to write six names which are important people in my life. I didn’t put in my family, parent and sisters, because they’re not important but the MOST important people in my life. So if these six people are VIP, then my family is VVIP. Anyway, I won’t mention the names here.

Six names. Five males and one female. These five are my best friends and one is my favorite writer. It’s so hard to pick the names because many names are important for me. Actually there’s only one name that always across in my mind and every time I write about our relationship, I always had a tears. Huffhh.

Five names are my best friends. One is also my mentor. Another takes a big part in my personality transformation, especially about self confidence. Others support me, enlighten me, cheer me up, and shared almost everything. Friendship is about chemistry, comfort, understanding, and had great deep conversation. Quotes from Melanie Matson; “friends are the family that you choose for yourself”.

The last name in my list is not my friend. He’s one of Indonesian tremendous writer. If you enjoy his book as well you enjoy comic, that mean your reading level is increasing. Congratulations. Well that’s a bit about the six important people in my life. How about yours?

Categories: Random

Fiksi, fiksi, fiksi

November 16, 2009 Leave a comment

Istirahat makan siang hari ini gw “menyelinap” ke toko buku Times di depan kantor. Benar-benar menggoda. Bagian fiksi selalu yang menarik buat gw, baik itu fiksi untuk dewasa maupun fiksi untuk remaja. Melihat cover-nya aja udah menimbulkan imajinasi tersendiri. Albert Einstein said; Imagination is more important than knowledge. Knowledge is limited; imagination circles the world.

Can you imagine, betapa ga terbatasnya suatu karya fiksi yang bersumber dari imajinasi manusia? Hal-hal janggal yang menembus batas ruang, waktu, dan aturan-aturan alam nyata? Kalimat-kalimat dalam karya fiksi bisa menimbulkan interpretasi yang berbeda dari setiap orang, bahkan melahirkan imajinasi-imajinasi liar.

Categories: Books, Random

2012

November 16, 2009 Leave a comment

2012-movie-06Gw kaget ternyata 2012 merajai bioskop-bioskop di Jabodetabek karena tiap bioskop film ini diputar di 2 sampai 3 studio! Apa yang bikin 2012 begitu heboh ya, dibandingkan film-film bertema kiamat sebelumnya; Knowing dan The Day the Earth Stood Still? Dibanding kedua film kiamat sebelumnya, 2012 menang pada efek visual dan lebih banyak action-nya. Knowing dan The Day ga terlalu banyak action dan efek visualnya kurang.

Kiamat pada tahun 2012 didasarkan pada perhitungan kalender suku Maya, tapi di film cuma dibahas sama penyiar nyentrik, Charlie Frost. “Ulasan ilmiahnya” dibahas oleh ilmuwan muda Adrian Helmsley yang bersama rekannya yang orang India, Satnam, menemukan kenyataan bahwa bumi akan mengalami bencana besar. Film diawali dengan mundur ke tahun 2009, ketika Adrian menemukan fakta mengejutkan tersebut dan ditindaklanjuti pemerintah AS dengan proyek rahasia membuat perahu-perahu raksasa di Cina. Bahtera Nabi Nuh modern ini direncanakan untuk menyelamatkan mahluk hidup dari kepunahan.

Di sisi lain ada Jackson Curtis, penulis yang kurang sukses, dan kini bekerja sebagai supir limo jutawan Rusia, Yuri Karpov. Jackson yang kemudian menyadari bahwa akan terjadi bencana, kemudian berusaha menyelamatkan diri dan keluarganya dengan menyewa pesawat dan mengambil peta bahtera dari Charlie Frost.  Bersama dengan rombongan Yuri, keluarga Jackson menuju Cina, tenpat galangan kapal berada. Di Cina mereka bertemu dengan biksu muda dan kakaknya yang kemudian menyelundup ke kapal sebagai penumpang gelap. Klimaks cerita adalah ketika rombongan Jackson tersangkut di pintu kapal dan menyebabkan kapal hampir bertabrakan dengan puncak Everest. Akhir cerita, Jackson dan orang-orang yang selamat menuju benua Afrika yang tidak tenggelam, untuk memulai peradaban baru.

Menanggapi beberapa komentar tentang 2012; Ini cuma film. Kalo merasa ga masuk akal atau lebay, sekali lagi ini cuma film. Fan-ta-si. Meski unsur-unsur ilmiah dimasukkan, tapi sekali lagi ini cuma film. So don’t take it seriuosly! Just enjoy the visual effect and the thrill. 2012 just another doomsday version, just another doomsday flick seperti yang gw sebutin di atas; Knowing, The Day the Earth Stood Still atau The Day After Tomorrow, dan film-film bertema kiamat lainnya. Masih perlu ditambahkan juga buku,  artikel, manuskrip dari ramalan Jayabaya atau Nostradamus?

Mungkin film ini bikin beberapa orang takut, well yea I must admit, gw juga sempet takut dan inget kiamat waktu nonton film ini. Tapi, kan, sekali lagi ini cuma film. Selama ga ditanggapi dengan serius dan berlebihan, kehebohan ini hanya bagian dari the excitement of the moviegoers. ‘Kan masing-masing udah punya pegangan tentang kiamat di agama masing-masing toh? Toh baiknya, kita jadi di-refresh lagi tentang kiamat dan siapa tahu bisa tobat. Hehehe.

Categories: Movies

Ghosts of Girlfriends Past

November 13, 2009 Leave a comment

 ghosts-of-girlfriends-past-1-800Tokoh utamanya adalah Connor Mead, seorang fotografer majalah ternama yang sukses. Connor yang plaboy ini tidak pernah mau berkomitmen dan tidak percaya pada pernikahan. Sampai ketika ia menghadiri pernikahan adiknya, Paul dan mengacaukan acaranya. Ke-playboy-annya membuat ia harus menerima karma ditemui hantu-hantu mantan pacarnya. Bersama hantu para mantan dan pamannya, Connor menjelajah ke masa lalu dan masa depan untuk melihat latar belakang yang menjadi sifatnya sekarang dan akibatnya bila dia tidak berubah. Akhirnya Connor menyadari kekeliruannya dan ditunjukkan bahwa cinta sejatinya adalah Jenny yang merupakan teman masa kecilnya.

Gw nonton film ini pas makan siang, menyelinap ke FX. Waw satu studio cuma empat orang yang nonton. Gw selalu tertarik dengan dongeng-dongeng modern kayak Penelope. Dengan konsep dari Christmas Carol-nya Charles Dickens, sebenarnya gw berharap lebih daripada film ini. It should be great modern fairy tale, tapi gregetnya kurang. Penelope kayaknya masih lebih bagus. Salah satu kekurangannya adalah ceritanya kurang dalam, jadi ga jauh beda sama chick flick lainnya. Ya mungkin karena ini memang komedi, bukan drama berat.

Dalam bayangan gw, pertemuan Connor dengan “hantu-hantu” mantan pacarnya, itu hanya beberapa orang tapi mendalam, kayak Definitely Maybe gitu. Tapi ternyata ga. Didalam filmnya, Connor punya banyak pacar dan kebanyakan pacar iseng dan one night stand. Adegan yang terasa banget dongengnya adalah waktu paman Wayne bilang bahwa hujan yang mengguyur ia dan Connor adalah airmata para mantan Connor. Kemudian hujan tisu; bahwa tisu-tisu ini yang digunakan menghapus airmata mereka.

Penohokohannya ya standar chick flick lah. Michael Douglas yang tampil sebagai uncle Wayne ga menarik, selain itu chemistry Matthew McConaughey dan Jennifer Garner juga ga ada. Anyway, I love the color of the poster. Hahaha the poster is the main reason that I watched this movie.

Categories: Movies

New items 9 Nov 09

November 13, 2009 Leave a comment

239924032404Horay! New items this week is about movie star. Ini barang-barang yang gw beli;23702373 

Poster Pet Monroe dan kamera adalah dua item favorit gw. Rencananya sih bakal ada ruang khusus buat film atau nonton film. Selain itu gw ganti meja dan kursi makan dengan set meja makan retro; retro chairretro table

Categories: Games, Pet Society